Translate to your language

CARI ARTIKELMU DI SINI

Tips jitu Membuat Video Youtube yang Ditautkan dan Disematkan Pemirsa Secara Sukarela



bagaimana membuat video yang lebih baik, yang akan ditautkan dan disematkan (embed) pemirsa secara sukarela. Embed dan link adalah faktor lain yang membuat video Anda memenangkan persaingan.

Embed dan link yang berasal dari website relevan dengan video Anda, sangat berpengaruh terhadap reputasi dan ranking video Anda di mata Google. Ini sama halnya dengan upaya SEO pada website atau blog pada umumnya.


Untuk memperoleh link dan embed alami, maka Anda harus berusaha membuat video yang lebih baik. Lebih baik dari semua video sejenis yang dimiliki orang lain.



Dan berikut beberapa tips membuat video Youtube yang lebih baik:

Ketahui audiens Anda dan apa yang mereka inginkan
Tanya pada diri sendiri:

Apa yang ingin diinginkan pemirsa (audiens) saya?
Dimana audiense saya telah ‘melahap’ konten sejenis? Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui konten sejenis, seperti website / blog atau saluran Youtube yang telah ada lebih dulu. Lihat apa yang mereka sajikan, kelemahan dan kekurangan mereka.
Dari situ Anda akan memperoleh gambaran untuk membuat video yang lebih baik lagi. Konten yang menarik, adalah kunci orang-orang akan dengan sukarela membagikannya.

Gunakan format video yang populer
Ada tiga jenis konten video yang bekerja sangat di Youtube:

Hiburan: menyenangkan, mudah dicerna, informasi yang tidak terlalu serius.
Informasi: berita, opini, interview dan informasi lainnya.
Pendidikan: panduan melakukan sesuatu, tutorial, demo dan review.

Bersikap personal
Terutama untuk jenis video dimana Anda menjadi ‘bintang’ utamanya. Ingat, pemirsa benar-benar dapat ‘melihat’ dan ‘mendengar’ Anda. Manfaatkan ini untuk membangun baik dan kepercayaan. Tataplah langsung ke kamera dan bicaralah langsung kepada pemirsa.



Jadilah bersahabat, akrab, sapa pemirsa. Ucapkan banyak kata “Anda”, buatlah seolah Anda sedang berbicara empat mata.

Buatlah pembuka yang benar-benar menarik

15 detik pertama video Anda adalah kunci penting. Kita tahu, bahwa rentang perhatian orang secara online, sangat-sangat pendek. Mereka dengan mudah klik sana, klik sini dan menekan tombol back.

Usahakan secara maksimal bagaimana menarik perhatian pemirsa dengan membuat pembuka video yang mengundang ketertarikan serta rasa penasaran. Sampaikan di awal apa yang akan Anda sampaikan berikut alasan mengapa Anda perlu mendengarkannya sampai tuntas.

Manfaatkan trending topics

Ikuti terus hal-hal yang menjadi tren secara umum di topik Anda, seperti melalui media sosial, forum dan lainnya. Topik-topik inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik pemirsa sebanyak-banyaknya. Kembangkan kreativitas seluas-luasnya, dan buatlah video dengannya.

Membuat video interview

Mewancarai seseorang adalah cara paling cepat membuat video hebat yang bisa Anda lakukan. Ini juga bisa dikatakan cara yang paling mudah, ya…. karena orang yang Anda wawancarai telah melakukan semuanya.

Jika Anda berhasil menemukan seorang ‘ahli’ di topik Anda, cukup dengan shoot selama 10 menit, Anda sudah mampu membuat beberapa konten hebat di Youtube.

Menemukan orang yang dapat diwawancara, juga tidaklah terlalu sulit. Di sebuah pameran, pertemuan, rapat atau di event-event lainnya yang terkait dengan topik Anda, adalah tempat-tempat yang bagus dan mudah menemukan seseorang yang mau membagikan pemikiran dan pengalamannya. Bahkan Anda dapat menyediakan interview melalui video Skype, lalu menggunakan screen capture untuk merekam video.

Satu fakta, secara umum bisa dikatakan, semua orang suka untuk diwawancarai dan dimintai pendapatnya. Namun, untuk menghasilkan video interview yang baik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa hal tersebut:

Rahasiakan pertanyaan Anda

Orang yang akan Anda wawancarai mungkin meminta daftar pertanyaan yang akan diajukan. Dan ini adalah permintaan yang wajar, namun sebisa mungkin Anda tetap merahasikannya. Membeberkan detil pertanyaan sebelum wawancara berlangsung, bukanla ide yang baik.

Tentu, Anda mesti memberitahu di awal apa topik yang akan dibicarakan, tapi jika Anda memberitahu semua detil pertanyaan Anda, subyek wawancara Anda akan mempersiapkan diri dan mengingat respon terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ini membuat Anda kehilangan spontanitas dan ‘kesegaran’, dan wawancara akan berjalan kaku dan monoton.

Pertanyaan pendahuluan yang membuat santai

Saat kamera mulai merekam, berilah beberapa pertanyaan yang membaut santai: “Apakah Anda sudah melihat produk Samsung S6 terbaru?”, “Wah terlihat bagus sekali, dimana Anda membeli topi merah itu.”

Setelah beberapa saat tanya jawab santai, barulah Anda masuk ke inti wawancara. Seringkali ia ‘lupa’ terhadap sorotan kamera, dan ia akan kembali jadi alami di sepanjang sisa wanwancara. Dan itu akan terlihat sangat bagus di kamera.

Ketahui apa yang Anda inginkan

Saat Anda bemaksud mewawancarai seseorang, pastikan Anda tahu apa yang Anda ingin mereka ceritakan. Sampaikan itu sebelum ia berada di depan kamera. Tanyakan apa yang sedang kerjakan, dan opini apa yang mereka miliki dan ingin disampaikan.

Saat wawancara, bukanlah waktu yang tepat untuk menentukan apa yang ingin Anda tanyakan. Pastikan Anda telah memiliki apa saja yang ingin ditanyakan.

Jangan berharap kesempurnaan

Jangan pernah berharap orang yang Anda wawancarai tampil ‘sempurna’ di depan kamera. Untuk kebanyakan orang, berada di depan kamera terasa sedikit ‘aneh’, sehingga membuat mereka kaku, kikuk dan canggung. Sementara bagi sebagian lagi, tampil apik sebagai pembaca cerita ulung.

Bagi kebanyakan orang, perlu bantuan untuk mengomunikasikan hal-hal menarik apa saja di bidang yang ia geluti.

Dan ingat, kata “…mmmm…”, “eee….” sama sekali tidak jadi masalah. Bahkan dalam banyak hal membuat konten Anda tampak lebih natural.

Jangan berhenti merekam

Terakhir, setelah semua pertanyaan dilontarkan, katakanlah: “Oke, terima kasih, bagus sekali dan selesai sudah wawancaranya”, tapi…. jangan matikan dulu kameranya. Kenapa? Karena 90% kemungkinan percapakan akan berlanjut.

Inilah, bisa jadi, tips dan informasi yang sesungguhnya! Dengan semua ‘tekanan’ sesi wawancara telah usai, subyek Anda biasanya akan lebih rileks dan berbicara lebih santai. Anda seringkali akan mendapatkan beberapa materi paling penting dari semuanya, saat mereka berpikir kamera telah off! Namun, tentu saja Anda tetap meminta ijin untuk menyertakan rekaman hasil dari trik Anda ini.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat sampaikan untuk membuat video Anda lebih baik, video yang akan di-link dan disematkan secara sukarela oleh pemirsa Anda.



wajib di baca : Dapat Uang dari Youtube? Kenapa Tidak?!

Selamat berkarya, sukses selalu untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, jika Anda merasa berguna untuk orang lain.

No comments: